Selasa, 19 Juni 2012

Pengenalan






Pusat Koperasi Industri Susu (PKIS) Sekar Tanjung,  yang berada di jln. Puntir, Desa Martopuro, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. PKIS Sekar Tanjung ini beroperasi mulai 2005, yang dipimpin oleh Wempy Harianto Selaku Manajer Sumberdaya Manusia PKIS Sekar Tanjung. Pembentukan Pusat Koperasi Industri Susu (PKIS) Sekar Tanjung ini merupakan penyatuan dari beberapa Koperasi Unit Desa. Selain itu PKIS memang secara resmi didorong perkebangannya oleh pemerintah.
Latar belakang didirikan sekar tanjung karena adanya pemikiran yang sama antara pengurus-pengurus koperasi primer tadi untuk mamajukan koperasi dan tidak ada monopoli untuk penjualan fresh milk, karena sebelum didirikannya ‘Sekar Tanjung’ penjualan fresh milk dari koperasi-koperasi tadi hanya pada satu perusahaan, yang bisa merugikan pihak-pihak koperasi tadi karena tidak ada tempat lagi yang bisa menampung susu mereka, sehingga muncul ide mendirikan ‘Sekar Tanjung’. 
Sekar tanjung didirikan agar bisa menampung fresh milk dari koperasi-koperasi tersebut. dan ‘Sekar Tanjung’ mengolah fresh milk tadi menjadi susu siap saji yaitu susu UHT.






SWOT dari PKIS Sekartanjung


Strenght:
Koperasi sekar tanjung memiliki lokasi yang strategis yaitu berada di tengah tengah antara malang dan Surabaya.dengan begitu koperasi ini bisa mengakomodir order dari kedua kota besar di jawa timur tersebut,hal itu membuat koperasi ini semakin terkenal,buktinya banyak brand brand terkenal yang di produksi di sekar tanjung ini
Koperasi sekar tanjung memiliki banyak SDA yang berasal dari beberapa perternakan sapi di malang dan sekitar nya.kualitas dari susu yang dihasilkan sangat terjamin.selain SDA yang berkualitas juga memiliki SDM yang dapat diandalkan kualitas nya.
Weakness:
Koperasi sekar tanjung tidak memiliki public relations yang handal sehingga produk dari koperasi sekar tanjung sendiri kalah terkenal daripada produk lain nya.
Tidak sering nya diadakan kegiatan kegiatan dalam koperasi yang menyejahterakan karyawan sehingga banyak karyawan yang tidak betah
Koperasi sekar tanjung tidak optimal dalam segi publikasi atau promosi,hal itu tampak dari tidak adanya baliho atau papan nama yang besar di depan area koperasi.
Opportunity:
Koperasi ini sangat berpotensi untuk berkembang  di pasar produk yang mengandung susu karena koperasi ini hampir bisa dikatakan memonopoli usaha susu di jawa timur,banyak sekali order dari brand brand yang terkenal membuktikan kualitas dari koperasi sekar tanjung yang diatas rata rata.
Dengan adanya rencana dari pihak manajemen untuk memperluas area koperasi ini hampir dipastikan akan terjadi ledakan order di tahun tahun berikut nya dan membuat koperasi ini berkembang menjadi perusahaan raksasa.
Threat :
Hampir tidak ada pesaing dari koperasi sekar tanjung yang dapat menjadi penghalang bagi koperasi ini,hanya 1 atau 2 perusahaan yang bergerak dalam usaha yang sama dilakukan seperti koperasi sekar tanjung,sehingga koperasi ini bisa dikatakan hampir memonopoli pasar jawa timur.
Pesaing dari koperasi sekar tanjung ini contohnya seperti indomilk company yang berada di Surabaya.



Contoh Produk :